KKP salurkan 800 paket ikan sehat bermutu di Maluku, BKIPM Peduli Sosial

Home » Berita » KKP salurkan 800 paket ikan sehat bermutu di Maluku, BKIPM Peduli Sosial

WhatsApp Image 2022-06-08 at 06.16.56

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) menyalurkan 800 paket ikan sehat bermutu untuk warga penerima manfaat di Provinsi Maluku.

“Penyaluran paket ikan sehat bermutu ini dalam rangka peringatan Bulan Mutu Karantina 2022. Sebagai bentuk berbagi kasih, penyelenggaraan pada tahun 2022 ini melalui BKIPM Peduli Sosial kita berupaya melakukan edukasi ke masyarakat tentang ikan sehat dan bermutu,” kata Kepala Balai KIPM Ambon,  M Hatta Arisandi, di Ambon, Jumat.

Ia menjelaskan pendistribusian 800 paket ikan sehat bermutu dilakukan Balai KIPM Ambon bersama Anggota Komisi IV DPR RI Abdullah Tuasikal. Lokasi pendistribusian 800 paket ikan sehat bermutu pada 2022 ditetapkan di dua Kabupaten, yaitu 400 paket di Kabupaten Maluku Tengah dan sisanya di Kabupaten Maluku Tenggara.

Lokasi di Kabupaten Maluku Tengah adalah di Kecamatan Pulau Haruku meliputi Desa Pelauw, Desa Ori, Desa Kailolo, Desa Kabau dan Desa Rohomoni. Sementara itu, 400 paket lainnya akan disalurkan di Kabupaten Maluku Tenggara tepatnya di Desa Letman, Kecamatan Manyeu. Paket ikan tersebut berisi ikan cakalang seberat tiga hingga lima kilogram.

Menurut Hatta pada peringatan ke-7 Bulan Mutu Karantina (BMK) 2022 mengusung tema “Dengan semangat BMK, Kita Wujudkan Ikan Sehat dan Bermutu”. 

Ia berharap semangat BMK pada 2022 bisa mewujudkan peran penting BKIPM dalam implementasi penjamin kualitas yang mampu menjamin pemenuhan kewajiban agar kualitas produk kelautan dan perikanan sesuai ketentuan standar mutu global, sehingga mampu memperoleh kepercayaan pasar lokal dan pasar ekspor.

“Program BMK  ikan 2022 ini bertujuan untuk mengedukasi publik tentang pentingnya mengkonsumsi ikan bergizi sekaligus mengajak pelaku usaha perikanan untuk menjaga mutu produknya,” kata Hatta.

Sejumlah warga penerima paket ikan mengaku sangat berterima kasih kepada Balai KIPM Ambon apalagi bantuan disalurkan menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah. “Saya sangat berterima kasih karena ini baru pertama kali mendapat bantuan ini. Semoga kegiatan yang dilakukan di bulan Ramadhan ini bisa mendapat berkah,” kata warga penerima manfaat, Nafsia Soamolle.

 

Sumber : https://ambon.antaranews.com/berita/122989/kkp-salurkan-800-paket-ikan-sehat-bermutu-di-maluku-bkipm-peduli-sosial